Senin, 24 Oktober 2022

Bandung Tuan Rumah Konferensi Internasional MPR Dunia

Hello Fellas! Dikencan kita kali ini bakal beda nih sama kencan kita sebelumnya. Kali ini aku mau sharing pengalaman aku ikut acara Diskusi Netizen MPR bersama teman-teman dari Blogger Bandung. Iya nggak salah kok MPR beneran Majelis Permusyawaratan Rakyat. Karena sebagai warga negara tentunya kita juga harus tetap melek sama yang namanya politik dan berbagai isu pemerintahan lainnya dong. SElain untuk aktualisasi diri juga memang sudah tugas kita sebagai warga negara yang baik untuk mendukung dan mengawasi jalannya pemerintahan agar bisa bekerja secara maksimal untuk kepentingan seluruh warga Indonesia. Acaranya kayak apa? Yuk langsung dibaca sampai habis yah.

Diskusi Netizen MPR


Acara ini diselenggarakan di Novotel Bandung pada tanggal 27 oktober 2022 kemarin. Acara dimulai dengan acara makan siang bersama lalu dilanjutkan ke ruangan rapat. Judul acara Diskusi Netizen MPR kali ini adalah “Penguatan Diplomasi Majelis Permusyawaratan/Lembaga Senat melalui Forum Majelis Permusyawaratan Dunia”. Dari judulnya kayaknya serius dan berat banget yah? Eittssss, jangan sah ternyata dengan judul diatas acaranya bisa berjalan dengan cukup santai dan seru lho. Biar nggak terlalu tegang dan kembalilin fokus setelah acara makan siang, begitu masuk ruangan dan semua peserta hadir kita langsung disuguhi game seru nih. Habis games selesai dan para narasumber bersiap, acara diskusi langsung resmi dimulai dan tentunya nggak ketinggalan kita menyanyikan lagu kebangsaan dulu bersama. Jujur sih ini bagian yang bikin aku kangen sama upacara sekolah, apalagi semua yang hadir nyanyinya khidmat banget.



Diacara kali ini narasumbernya tentunya juga nggak sembarangan dong. Ada Siti Fauziah, S.E., M.M yaitu PLT. Deputi Administrasi Setjen MPR, lalu Budi Muliawan, SH, MH yaitu Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga, Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR. Nggak sampai disitu ikut hadir juga Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad yaitu Wakil Ketua MPR Indonesia. Sebagai moderator hadir juga Agus Wibowo yaitu Ketua Komunitas Blogger Bandung.



Acara ini tentu saja bukan tanpa maksud diadakan yah Fellas. Acara ini diadakan sebagai salah satu bentuk sosialisasi pada masyarakat akan diadakannya sebuah acara Konferensi Internasional Pembentukan Forum MPR Dunia yang akan dilaksanakan di kota Bandung dari tanggal 24-26 Oktober 2022. Koferensi ini diikuti oleh para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syuro atau lembaga sejenis lainnya dari negara-negara Anggota Keja Sama Islam.

“Konferensi internasional ini diikuti 15 delegasi dari negara-negara Anggota Keja Sama Islam dalam rangka curah pendapat pembentukan Forum MPR Dunia atau nama lain yang nanti disepakati para delegasi.” Jelas Siti Fauziah. Delegasi negara yang hadir diantaranya adalah Arab Saudi, Iran, Bahrain, Maroko, Malaysia, dan beberpa negara lainnya.

Dengan penyelanggaraan koferensi internasional ini menurut Fadel Muhammad, MPR Indonesia diharapkan memiliki hubungan internasional dalam bidang parlemen, terutama untuk majelis tinggi (upper house). “Jadi tujuan utama kita adalah untuk mendukung presidensi Indonesia dalam G20, dan selanjutnya kita mengharapkan juga pembentukan Forum MPR Dunia ini menjadi legacy buat MPR RI yang sekarang mupun yang akan datan.” Ujarnya. Fadel Muhammad juga mengungkapkan bahwa Forum MPR Dunia  atau nama lain yang akan disepakati nanti tidak akan tumpang tindih dengan forum-forum parlemen yang sudah ada selama ini.

Yang menarik pada hari selasa tanggal 25 Oktober 2022 nanti alan diadakan Historical Walk oleh para delegasi dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka menurut Siti Fauziah. Warga kota Bandung bisa menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut dan nantinya akan ada juga penampilan seni tari dari Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi ajang promosi budaya Jawa Barat.



Tentunya akan ada beberapa penutupan jalan untuk kendaraan bermotor selama acara ini berlangsung. Sebagai warga negara yang baik terutama yang berlokasi diwilayah Bandung, yuk kita bantu mengawasi jalannya acara ini agat tetap tertib dan berjalan lancar dan tentu saja sekaligus kita sebarluaskan informasinya agar kita juga bisa sekaligus mempromosikan budaya Indonesia dimata dunia mumpung ada kesempatan yang terbuka luas seperti ini.

Nah gimana kencan kita kali ini Fellas? Ikut seneng nggak sih kalau ada berita yang membanggakan kayak gini? Semoga acaranya berjalan lancar dan membawa banyak peluang besar untuk Indonseia kedepannya yah. Segitu dulu aja kencan kita kali ini Fellas, see you on our next date.

 

Thank You for Reading


-XOXO-




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar