Minggu, 05 Mei 2019

Tetap Fit Selama Berpuasa? Bisa!


Hello beauty fellas! Selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan yah. Nah ngomong-ngomong soal bulan puasa, udah persiapan apa aja nih fellas? Baju, sepatu, parcel? Kalau asupan nutrisi dan pola makannya udah dipersiapin juga belum nih?pasti banyak yang belum persiapan nih kalau soal pola makan dan juga asupan nutrisi selama berpuasa ya kan? Nah aku pun awalnya nggak terlalu perduli nih sama masalah satu ini, tapi ternyata ini penting lho. Pentingnya gimana? Yuk dibaca sampai habis yah fellas!

Blogger Vlogger Yeppo Gathering


Jadi beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan datang ke acara Blogger Vlogger Yeppo Gathering dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Acaranya tentu aja nggak cuma sekedar kumpul-kumpul aja dong, disini kita ditemani POCARI SWEAT dan juga ahli nutrisi-nya ngasih banyak ilmu sama tips buat fit terus selama berpuasa. Nggak cuma itu, kita juga dapet ilmu cantik dalam 5 menit aja dari beauty demo oleh team Poppy Dharsono Cosmetics. Keseruan ditambah juga dengan sesi tanya jawab juga games.

Beauty Demo oleh Team Poppy Dharsono Cosmetics

Tetap Fit Selama Berpuasa


Nah kalau selama ini kalian berpuasa tapi malah jadi lemes, uring-uringan, bad mood maka harrus diperhatikan lho fellas. Jangan-jangan ada yang salah dengan pola makan yang mempengaruhi asupan nutrisi tubuh kita. Karena pada dasarnya berpuasa itu menyehatkan lho, sekaligus jadi waktunya tubuh untuk melakukan detox. Terus kok bisa banyak yang berpuasa malah bukannya fit malah lemes begitu? Nah karena selama berpuasa jadwal makan kita jadi jauh lebih terbatas banyak nih yang makan asal kenyang tapi nutrisi terutama asupan cairannya nggak diperhatiin. Padahal kan tubuh kita 60% adalah air, dan selama berpuasa itu seharian kita tidak mengkonsumsi cairan. Kebayang dong kalau nutrisi dan cairan tubuh kita nggak dijaga? Pasti deh badan jadi lesu, lemas, dan bad mood.

Jadi yang bener itu gimana sih buat atur pola makan biar asupan nutrisi dan cairan kita selama berpuasa tetap terjaga, biar badan kita tetap fit dan sehat? Nah ada 4 kunci penting nih fellas, biar kita fit selama berpuasa:

1.      Pembagian persentase kebutuhan gizi pada tiap waktu makan
2.      Makan yang cukup dan bergizi
3.      Berolah raga saat berpuasa
4.      Menjaga hidrasi tubuh

Karena kita makan besar jadi hanya dua kali dalam sehari saat berpuasa maka perlu diperhatikan mana makanan yang lebih cocok dimakan saat sahur mana makanan yang lebih cocok dimakan saat berbuka. Contohnya nih, saat berbuka untuk mengembalikan kadar gula kita yang menurun maka dianjurkan memakan makanan manis secukupnya terlebih dahulu. Dan karena saat berpuasa biasanya jam makan malam kita jadi lebih mundur dan lebih sedikit jaraknya dengan waktu tidur, maka asupan karbohidrat bisa dikurangi dan diganti dengan protein juga serat. Berbeda untuk sahur, karena kita harus mempersiapkan energi tubuh kita untuk berpuasa seharian maka asupan karbohidrat itu penting banget saat sahur. Dan hindari minuman berkafein yang akan membuat kita buang air kecil lebih sering saat sahur yah fellas. Setelah membagi kebutuhan setiap waktu makan, yang harus diingat juga kalau saat makanporsinya juga harus cukup, jangan berlebihan. Berpuasa bukan alasan buat kamu balas dendam saat berbuka maupun sahur untuk makan dengan jumlah yang nggak terkontrol yah fellas. Kalau begini sih saat Lebaran nanti bisa dipastikan berat badan kamu akan naik kiloannya. Dan berolah raga selama berpuasa juga dianjurkan lho. Tentunya perlu diperhatikan jenis olah raga-nya yah, cari olah raga yang ringan seperti jogging, bersepeda mendekati saat berbuka puasa. Atau bisa juga kalian mengubah jadwal olah raga rutin kalian menjadi setelah berbuka puasa. Dan terakhir nih yang paling penting, kita harus menjaga tubuh kita agar tetap terhidrasi selama berpuasa. Nah lho, gimana caranya? Seharian kan kita nggak bisa minum, udah pasti kurang cairan dong. Trik-nya fellas perbanyak minum air mineral saat dan setelah berbuka. Dan saat sahur usahakan konsumsi minuman cairan elektrolit yang mampu membuat tubuh kita jadi seperti kaktus. Kenapa kaktus? Karena kaktus mampu menahan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhnya lebih lama dan dikeluarkan secara berkala dalam jumlah lebih sedikit. Sekarang kan udah banyak dan gampang banget kalau cari minuman elektrolit, jadi nggak susah dong buat menjaga cairan tubuh selama berpuasa. Dan kalau bahas soal cairan elektrolit sih udah pasti langsung inget sama Pocari Sweat dong fellas.

Pocari Sweat sendiri udah terkenal dengan kualitasnya dan sudah tersedia dimana-mana baik offline dan online. Pocari Sweat juga punya berbagai ukuran yang bisa disesuaikan sama kebutuhan kita dan yang tepenting nih selain dia sebagai minuman elektrolit, Pocari Sweat juga nggak pake bahan pengawet sama sekali juga tentunya sudah Halal dong yah. Dan satu lagi yang bikin tenang, Pocari Sweat itu termasuk minuman rendah kalori. Kalau rutin selama berpuasa konsumsi Pocari Sweat bisa bikin tubuh kita lebih fit, nggak gampang lesu, lemes, nggak fokus dan bad mood yang jadi tanda-tanda tubuh kekurangan cairan. Walau berpuasa kita harus tetap produktif yah fellas.

Nah segitu dulu aja kencan kita kali ini fellas, see you soon on our next date.


Thank You for Reading

-XOXO-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar